PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas :III (Tiga)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Tapel : ..................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Mengenal sejarah masyarakat Arab pra- Islam | 1.1 Menceritakan kondisi alam, sosial, dan perekonomian masyarakat Arab pra-Islam | |
1.2 Menjelaskan keadaan adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam | |||
1.3 Menjelaskan masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad SAW Mengambil ibrah dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 2. Mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW | 2.1 Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW | |
2.2 Menceritakan sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW | |||
2.3 Mengambil ibrah dari kenabian dan kerasulan Muhammad SAW | |||
3. Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad SAW | 3.1. Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Muhammad SAW | ||
3.2 Mengambil ibrah peristiwa kerasulan Muhammad SAW | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : IV (empat)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Tapel : ..................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya | 1.1 Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya | |
1.2 Menunjukkan contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya dalam berdakwah | |||
1.3 Meneladani ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam berdakwah | |||
2. Mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW | 2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam | ||
2.2 Menunjukkan contoh perilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam | |||
2.3 Meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 3. Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah | 3.1 Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif dan Habsyah | |
3.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah | |||
3.3 Meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Thaif dan Habsyah | |||
4. Memahami peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW | 4.1 Mendeskripsikan peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW | ||
4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : V (Lima )
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Tapel : ..................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib | 1.1 Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib | |
1.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib | |||
1.3 Mengambil hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib | |||
2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW | 2.1 Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan) | ||
2.2 Meneladani keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 3. Mengenal peristiwa Fathu Makkah | 3.1 Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah | |
3.2 Menceritakan kronologi peristiwa Fathu Makkah | |||
3.3 Mengambil ibrah dari peristiwa Fathu Makkah | |||
4. Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW | 4.1 Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW | ||
4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas :VI (Enam)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Tapel : ..................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq | 1.1 Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin | |
1.2 Menceritakan silsilah, kepribadian Abu Bakar as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah Islam | |||
1.3 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar as-Shiddiq | |||
1.4 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq | |||
2. Mengenal sejarah khalifah Umar bin Khattab | 2.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Umar bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam | ||
2.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Umar bin Khattab. | |||
2.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Umar bin Khattab | |||
3. Mengenal sejarah khalifah Utsman bin Affan | 3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam | ||
3.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Utsman bin Affan | |||
3.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Utsman bin Affan | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 4. Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib | 4.1 Menceritakan silsilah, kepribadian, dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib | |
4.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib | |||
4.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib | |||
5. Mengenal sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing. | 5.1 Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam di daerah masing-masing | ||
5.2 Menceritakan sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing | |||
5.3 Meneladani perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar