PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : I (Satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) Tahun Pelajaran : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL 1 | Seni Rupa Mengapresiasi karya seni rupa | Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar | |
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif | ||
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek | |||
Seni Musik Mengapresiasi karya seni musik | Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | ||
Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | |||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Menampilkan permainan pola irama sederhana | ||
Mengekspresikan diri melalui vokal | |||
Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | |||
Melafalkan lagu anak-anak | |||
Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal | |||
Mengapresiasi karya seni tari | Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat | ||
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | |||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan | ||
Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP 1 | Mengapresiasi karya seni rupa | Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar | |
Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif | ||
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel | |||
Seni Musik Mengapresiasi karya seni musik | Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam | ||
Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam | |||
Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana | ||
Memeragakan dinamik sederhana | |||
Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana | |||
Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib | |||
Mengapresiasi karya seni tari | Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat | ||
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | |||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. | Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi | ||
Merangkaikan gerak tari sesuai iringan bunyi | |||
Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : II (Dua)
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) Tahun Pelajaran : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL 2 | Seni Rupa Mengapresiasi karya seni rupa | Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa | |
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif | ||
Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal | |||
Seni Musik Mengapresiasi karya seni musik | Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik | ||
Membedakan antara nada dengan irama | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Memeragakan dinamik sederhana | ||
Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi sederhana | |||
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana | |||
Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton | |||
Seni Tari Mengapresiasi karya seni tari | Mengidentifikasi gerak alam semesta | ||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak | ||
Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari | |||
Ketrampilan Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan | Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam | ||
Menyiapkan bahan alam untuk pembuatan cat | |||
Membuat cat pewarna dari bahan alam | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I |
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
Genap 2 | Mengapresiasi karya seni rupa | Mengidentifikasi unsur rupa pada karya seni rupa | |
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa tiga dimensi | |||
Mengekspresikan diri melalui seni rupa. | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi | ||
Menggunakan klise cetak timbul | |||
Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul | |||
Seni Musik Mengenal unsur musik | Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional | ||
Membedakan antara nada dengan irama | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Memeragakan dinamik sederhana | ||
Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi sederhana | |||
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana | |||
Mengapresiasi karya seni tari | Mengidentifikasi gerak alam semesta | ||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak | ||
Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari | |||
Menyajikan beberapa ragam gerak tari di depan penonton | |||
Keterampilan Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan | Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan buatan yang aman | ||
Menyiapkan bahan buatan yang aman untuk pembuatan cat | |||
Membuat cat pewarna dari bahan buatan yang aman | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : III (Tiga)
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) Tahun Pelajaran : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL 3 | Seni Rupa Mengapresiasi karya seni rupa | Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi | |
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri | ||
Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat | |||
Seni Musik Mengapresiasi karya seni musik | Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana | ||
Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik | |||
Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Memainkan alat musik ritmis sederhana | ||
Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana | |||
Seni Tari Mengapresiasi karya seni tari | Menjelaskan simbol dalam seni tari | ||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema tanpa iringan | ||
Menyajikan tarian pendek bertema tanpa iringan | |||
Ketrampilan Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan | Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin | ||
Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas | |||
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I |
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
Genap 3 | Mengapresiasi karya seni rupa | Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | |
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | |||
Mengekspresikan diri melalui seni rupa. | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar | ||
Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi | |||
Seni Musik Mengenal unsur musik | Menjelaskan simbol tempo dalam lagu | ||
Menjelaskan makna ansambel | |||
Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik | |||
Menghubungkan simbol nada dengan tempo dalam lagu | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Memainkan musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik ritmis sederhana | ||
Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | |||
Mengapresiasi karya seni tari | Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari | ||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan | |||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan | ||
Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan | |||
Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | |||
Keterampilan Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan | Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin | ||
Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | |||
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : IV(Empat)
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) Tahun Pelajaran : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL 4 | Seni Rupa Mengapresiasi karya seni rupa | Menjelaskan makna seni rupa terapan | |
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat | |||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap kesesuaian fungsi karya seni rupa terapan | |||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb | ||
Memamerkan hasil gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb di depan kelas | |||
Seni Musik Mengapresiasi karya seni musik | Mengidentifikasi berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis | ||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Menyiapkan permainan alat musik ritmis | ||
Memainkan alat musik ritmis di depan penonton | |||
Seni Tari Mengapresiasi karya seni tari | Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat | ||
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat | ||
Memeragakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton | |||
Ketrampilan Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan | Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara | ||
Menampilkan perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara | |||
Membuat karya kerajinan dan benda konstruksi. | Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara | ||
Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat | |||
Merancang benda dengan teknik konstruksi | |||
Membuat benda dengan teknik konstruksi | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
Genap 4 | Mengapresiasi karya seni rupa | Menjelaskan makna seni rupa murni | |
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa murni yang ada di daerah setempat | |||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya seni rupa murni | |||
Mengekspresikan diri melalui seni rupa. | Membuat relief dari bahan plastis dengan pola motif hias | ||
Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas | |||
Menata karya seni rupa yang dibuat dalam bentuk pameran kelas | |||
Seni Musik Mengenal unsur musik | Menjelaskan makna dinamika dalam seni musik | ||
Mengidentifikasi perbedaan dinamika | |||
Mengidentifikasi alat musik melodis | |||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap dinamika dalam seni musik | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Memainkan alat musik melodis sederhana | ||
Menyiapkan penyajian lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana | |||
Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana | |||
Seni Tari Mengapresiasi karya seni tari | Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain | ||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol dan keunikan gerak, busana, serta perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Menyiapkan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan | ||
Memeragakan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan di depan penonton | |||
Keterampilan Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan | Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat | ||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat | |||
Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara | |||
Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan sendiri | |||
Merancang pembuatan benda dengan teknik konstruksi | |||
Membuat benda dengan teknik konstruksi | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : V(Lima )
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) Tahun Pelajaran : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL 5 | Seni Rupa Mengapresiasi karya seni rupa | Menjelaskan makna motif hias | |
Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat | |||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias Nusantara | ||
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya | |||
Membuat motif hias dasar jumputan pada kain | |||
Seni Musik Mengapresiasi karya seni musik | Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara | ||
Menjelaskan makna ansambel sejenis | |||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik/lagu daerah Nusantara | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel sejenis | ||
Mengadakan pementasan perpaduan musik, tari dan bahasa | |||
Seni Tari Mengapresiasi karya seni tari | Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain | ||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah lain tanpa iringan | ||
Memeragakan tari Nusantara daerah lain tanpa iringan | |||
Ketrampilan Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan | Mendeskripsi kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan meronce | ||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan meronce | |||
Membuat karya kerajinan dan benda konstruksi. | Merancang karya kerajinan meronce | ||
Membuat karya kerajinan meronce | |||
Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali | |||
Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I |
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
Genap 5 | Mengapresiasi karya seni rupa | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat | |
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat | |||
Mengekspresikan diri melalui seni rupa. | Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan | ||
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya | |||
Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas | |||
Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas/sekolah | |||
Seni Musik Mengenal unsur musik | Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara | ||
Menjelaskan makna ansambel gabungan | |||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik/lagu wajib dan daerah Nusantara | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel gabungan | ||
Menyiapkan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana untuk dipentaskan di kelas atau di sekolah | |||
Mementaskan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah | |||
Seni Tari Mengapresiasi karya seni tari | Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain | ||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain | |||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Menyiapkan penyajian tari Nusantara daerah lain dengan iringan | ||
Menyajikan tari Nusantara daerah lain dengan iringan | |||
Mengadakan pementasan perpaduan seni musik dan seni tari | |||
Keterampilan Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan | Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame | ||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame | |||
Membuat karya kerajinan dan benda permainan | Merancang karya kerajinan makrame | ||
Membuat karya kerajinan makrame | |||
Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali | |||
Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : VI(Enam)
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) Tahun Pelajaran : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL 6 | Seni Rupa Mengapresiasi karya seni rupa | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain | |
Menjelaskan cara membatik | |||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | Membatik dengan teknik sederhana | ||
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah | |||
Merancang boneka | |||
Membuat boneka berdasarkan rancangan | |||
Seni Musik Mengapresiasi karya seni musik | Mengidentifikasi berbagai ragam musik daerah Nusantara | ||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah Nusantara | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Memainkan alat musik ritmis dan melodis | ||
Menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan iringan sederhana | |||
Seni Tari Mengapresiasi karya seni tari | Menjelaskan makna pola lantai pada tarian | ||
Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat | |||
Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok | ||
Memeragakan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok | |||
Ketrampilan Mengapresiasi karya kerajinan | Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan anyaman | ||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan anyaman | |||
Membuat karya kerajinan | Membuat kerajinan anyaman | ||
Merancang benda pakai dari bahan anyaman | |||
Membuat benda pakai dari bahan anyaman | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I |
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
Genap 6 | Mengapresiasi karya seni rupa | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain | |
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain | |||
Mengekspresikan diri melalui seni rupa. | Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar | ||
Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas | |||
Menata karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas | |||
Seni Musik Mengenal unsur musik | Membandingkan berbagai lagu dan musik Nusantara | ||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik Nusantara | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Memainkan alat musik ritmis dan melodis | ||
Menyiapkan pertunjukan lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana | |||
Mementaskan pertunjukan nyanyian lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana | |||
Seni Tari Mengapresiasi karya seni tari | Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara | ||
Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan | |||
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Memeragakan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok | ||
Menyiapkan pertunjukan tari Nusantara di sekolah | |||
Menggelar pertunjukan tari Nusantara di sekolah | |||
Keterampilan Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan | Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda | ||
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda | |||
Membuat karya kerajinan dan benda permainan | Merancang benda mainan beroda | ||
Membuat benda mainan beroda | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar