PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : I (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa Tahun Pelajaran : ..........................................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar/Materi Pokok/Indikator | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. MENDENGAR Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengar kan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permin taan / perintah | 1.1 Mendengarkan dan membeda kan bunyi Bahasa. 1.2 Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi / suara serta bunyi bahasa. 1.3 Mendengarkan dan melakukan sesuatu. | |
2. BERBICARA Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan bahasa yang santun | 2.1. Memperkenalkan diri. 2.2 Menjelaskan isi gambar | ||
3. MEMBACA Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar dan membaca indah beberapa kalimat sederhana. | 3.1. Membaca nyaring. | ||
4. MENULIS Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi. | 4.1. Menjiplak dan menebalkan. 4.2. Menyalin. 4.3 Menulis permulaan | ||
5. APRESIASI SASTRA Mampu mengapresiasikan sastra jawa. | 5.1. Mengapresiasi tembang dolanan | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 1. MENDENGAR Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengar kan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permin taan / perintah | 1.1. Mendengarkan dan memahami pesan. 1.2 Mendengarkan percakapan sederhana. | |
2. BERBICARA Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan bahasa yang santun | 2.1. Mengenal nama warna, nama dan fungsi anggota tubuh. 2.2 Mengenal nama benda-benda disekitar. 2.3 Melakukan percakapan sederhana. | ||
3. MEMBACA Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar dan membaca indah beberapa kalimat sederhana. | 3.1. Membaca lancar (bersuara) 3.2 Membaca penggalan cerita. 3.3 Membaca indah. | ||
4. MENULIS Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi. | 4.1 Menulis permulaan. 4.2 Menulis kata yang didiktekan guru. 4.3 Menulis rapi | ||
5. APRESIASI SASTRA Mampu mengapresiasikan sastra jawa. | 5.1 Mengapresiasikan tembang dolanan. 5.2 Mengapresiasikan dongeng | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : II (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa Tahun Pelajaran : ..........................................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar/Materi Pokok/Indikator | Alokasi Waktu |
GANJIL |
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pembacaan teks pendek,dan menyimak pesan pendek serta mendengarkan dongeng. | 1.1. Mendengarkan dan memahami isi bacaan 1.2 Mendengarkan percakapan sederhana ten tang kegiatan sehari-hari. 1.3 Mendengarkan dan memahami isi bacaan | |
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan bahasa yang santun. | 2.1. Menanyakan sesuatu kepada orang yang dikenal dengan menggunakan kalimat dan pilihan kata. 2.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari. 2.3. Melakukan percakapan pendek. 2.4. Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun. | ||
Mampu membaca dan memahami isi bacaan dengan cara membaca lancar. | 3.1. Membaca teks pendek dengan mem perhatikan pelafalan dan intonasi yang tepat sehingga mudah dipahami orang lain. 3.2 Membaca lancar dengan pemahaman teks bacaan. 3.3. Membaca bersuara | ||
Mampu menuliskan kalimat/karangan pendek dengan huruf tegak bersambung, menuliskan kalimat yang didiktekan dan menulis rapi. | 4.1. Menulis karangan pendek. 4.2 Menulis kalimat sederhana. 4.3. Melengkapi cerita. 4.4. Menulis kalimat. | ||
Mampu mengapresiasikan sastra jawa | 5.1. Menyanyikan tembang dolanan. 5.2. Mengapresiasikan dongeng | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP |
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pembacaan teks pendek,dan menyimak pesan pendek serta mendengarkan dongeng. | 1.1 Mendengarkan dan memahami isi bacaan 1.2 Mendengarkan pembacaan teks dan mema hami isinya. 1.3 Mendengarkan dan memahami isi bacaan. | |
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan bahasa yang santun. | 2.1. Menceritakan pengalaman. 2.2. Menceritakan isi bacaan 2.3.Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun. 2.4. bercerita tentang keadaan disekitar rumah. | ||
Mampu membaca dan memahami isi bacaan dengan cara membaca lancar. | 3.1. Membaca bacaan dengan memperhatikan Pelafalan dan intonasi yang tepat. 3.2. Membaca lancar 3.3. Membaca bersuara | ||
Mampu menuliskan kalimat/karangan pendek dengan huruf tegak bersambung, menuliskan kalimat yang didiktekan dan menulis rapi. | 4.1. menulis karangan pendek. 4.2. menulis kalimat sederhana. 4.3. Menulis rapi. | ||
Mampu mengapresiasikan sastra jawa | 5.1. Mengapresiasi tembang dolanan. 5.2. Menyanyikan tembang dolanan. 5.3. Mengapresiasi “geguritan” | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : III (Tiga)
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa Tahun Pelajaran : ..........................................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar/Materi Pokok/Indikator | Alokasi Waktu |
GANJIL |
Siswa mampu memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan tentang kegemaran. | 1.1. Mendengarkan dan memahami cerita teman. 1.2. Mendengarkan pembacaan teks drama 1.3. Mendengarkan dialog | |
Siswa mampu memahami cerita, geguritan, dan drama, serta dapat memberikan kesan, mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan. | 2.1. Menceritakan pengalaman. 2.2.Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun. 2.3. Memberikan tanggapan. 2.4. Bercakap-cakap menguunakan bahasa yang santun. 2.5. Melakukan percakapan / dialog. | ||
Siswa mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf jawa. | 3.1. Membaca bersuara. 3.2. Membaca cepat. 3.3. Membaca indah. | ||
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa dan menulis huruf jawa dengan ejaan yang benar. | 4.1. Menulis karangan sederhana. 4.2. Menulis huruf jawa legena ( ha s.d la ) 4.3. Menulis kalimat 4.4. Menulis karangan. | ||
Siswa mampu mengapresiasi sastra jawa berupa : Cerita rakyat, dongeng, cerita wayang, geguritan, dan tembang dolanan. | 5.1. Mengapresiasi tembang dolanan 5.2. Mengapresiasi “geguritan”. | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP |
Siswa mampu memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan tentang kegemaran. | 1.1. Mendengarkan pembacaan teks cerita. 1.1. Mendengarkan cerita. 1.1. Mendengarkan cerita wayang. | |
Siswa mampu memahami cerita, geguritan, dan drama, serta dapat memberikan kesan, mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan. | 2.1. menceritakan pengalaman pribadi. 2.2. bercakap - cakap menggunakan bahasa yang santun. 2.3. Bermain peran yang berkaitan dengan cerita. 2.1. bermain peran. | ||
Siswa mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf jawa. | 3.1. Membaca dan memprediksi kelanjutan teks bacaan. 3.1. Membaca pemahaman. 3.2. Membaca tulisan jawa. 3.1. Membaca cepat. | ||
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa dan menulis huruf jawa dengan ejaan yang benar. | 4.1. Menulis surat. 4.2. Menulis huruf jawa. 4.3. Menulis kalimat. | ||
Siswa mampu mengapresiasi sastra jawa berupa : Cerita rakyat, dongeng, cerita wayang, geguritan, dan tembang dolanan. | 5.1. Mengapresiasi geguritan. 5.2. Mengapresiasi tembang dolanan. 5.3. Mengapresiasi cerita. | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas :IV (Empat)
Mata Pelajaran : BAHASA JAWA Tahun Pelajaran : ……………………..
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL 4 | 1. Mendengar Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta mampu menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri | 1.1. Mendengarkan cerita tentang pengalaman menarik. 1.2. Mendengarkan pembacaan teks 1.3. Mendengarkan pembacaan teks cerita 1.4. Mendengarkan cerita | |
2. BERBICARA Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat yang benar sesuai dengan tata krama berbahasa secara tertulis maupun lisan. | 2.1.Bercerita tentang pengalaman yang menarik. 2.2.Menerapkan unggah-ungguh basa Dalam percakapan. 2.3. unggah-ungguh basa. 2.4. Menanggapi suatu persoalan atau Peristiwa. 2.5. Dialog / percakapan. 2.6. Unggah-ungguh basa | ||
3. MEMBACA Siswa mampu membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk secara tepat. | 3.1. Membaca Geguritan 3.2. Membaca cepat. 3.3. Membaca pemahaman 3.4. Membaca indah. | ||
4. MENULIS Siswa mampu menulis menggunakan huruf latin dan jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan. | 4.1. Menulis kalimat. 4.2. Menulis dengan huruf jawa. 4.3. Membuat kalimat. 4.4. Menulis surat. 4.5. Mengarang. 4.6. Menulis dengan huruf jawa. | ||
5. APRESIASI SASTRA Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta dapat mengapresiasikan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. | 5.1. Mengapresiasi dongeng. 5.2. Mengapresiasi geguritan. 5.3. Mengapresiasikan tembang. 5.4. Mengapresiasi cerita wayang. | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP 4 | 1. MENDENGAR Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta mampu menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri | 1.1. Mendengarkan cerita tentang tokoh pendidikan. 1.2. Mendengarkan pembacaan teks 1.3 Mendengarkan pembacaan teks bacaan. | |
2. BERBICARA Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat yang benar sesuai dengan tata krama berbahasa secara tertulis maupun lisan. | 2.1. Pengalaman pribadi yang menarik. 2.2. Unggah-ungguh basa. 2.3. Melakukan dialog. 2.4. Mengajukan dan menjawab pertanyaan. 2.5. unggah-ungguh basa. | ||
3. MEMBACA Siswa mampu membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk secara tepat. | 3.1. Membaca pemahaman. 3.2. Membaca cepat. 3.3. Membaca tulisan jawa. 3.4. Membaca bersuara. 3.2. Membaca huruf jawa | ||
4. MENULIS Siswa mampu menulis menggunakan huruf latin dan jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan. | 4.1. Menulis kalimat. 4.2. Menulis dengan huruf jawa. 4.1. Menulis disposisi. ( cara membuat Sesuatu / langkah pembuatan ). | ||
5. APRESIASI SASTRA Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta dapat mengapresiasikan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. | 5.1. Mengapresiasi geguritan. 5.2.Mengapresiasikan tembang macapat. 5.3. Mengapresiasi tembang. | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas :V (Lima )
Mata Pelajaran : BAHASA JAWA Tahun Pelajaran : ……………………..
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL |
Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta dapat mengkomunikasikan secara tertulis atau lisan. | 1.1. Mendengarkan pembacaan teks. 1.2. Mendengarkan dan memahami isi bacaan. 1.3. Mendengarkan pembacaan teks dan mema hami isinya. | |
Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat sesuai tata krama berbahasa jawa ( unggah-ungguh ) secara tertulis maupun lisan. | 2.1. Menanggapi persoalan faktual. 2.2. Unggah-ungguh basa dlm percakapan. 2.3. Menerapkan unggah-ungguh basa dalam percakapan. 2.4. menanggapi persoalan atau peristiwa faktual. 2.5. Menerapkan basa ngoko dan krama (ung gah-ungguh basa ). | ||
Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat. | 3.1. Membaca indah. 3.2. Membaca pemahaman. 3.3. Membaca cepat. 3.4. Membaca tulisan jawa. | ||
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa. | 4.1. Menulis kalimat. 4.2. Menulis dengan huruf jawa. 4.3. Menulis kata dan kalimat. 4.4. Menulis dengan huruf jawa. | ||
Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta mampu mengapresiasikan | 5.1. Mengapresiasikan tembang macapat. 5.2. Mengapresiasikan cerita/dongeng. 5.3. Mengapresiasi geguritan. | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP |
Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta dapat mengkomunikasikan secara tertulis atau lisan. | 1.1. Mendengarkan cerita wayang. 1.2. Mendengarkan dan memahami isi bacaan. 1.3. Mendengarkan pembacaan teks. | |
Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat sesuai tata krama berbahasa jawa ( unggah-ungguh ) secara tertulis maupun lisan. | 2.1. Memperagakan teks dialog. 2.2. Berbicara dengan berbagai ragam Ba- hasa jawa. 2.3. Berbicara dengan berbagai ragam Ba- hasa jawa. | ||
Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat. | 3.1. Membaca indah. 3.2. Membaca tulisan huruf jawa. 3.3. Membaca bersuara. | ||
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa. | 4.1. Menulis kalimat. 4.2. Menulis dengan huruf jawa. 4.3. Menulis kalimat. 4.4. Menulis karangan | ||
Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta mampu mengapresiasikan | 5.1. Mengapresiasi geguritan. 5.2. Mengapresiasi cerita rakyat. 5.3. Mengapresiasi cerita/dongeng. | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas :VI (Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA JAWA Tahun Pelajaran : ……………………..
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL 4 |
Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta dapat mengkomunikasikan secara tertulis atau lisan. | 1.1. Mendengarkan pembacaan teks. 1.2. Mendengarkan cerita tokoh wayang. 1.3. Mendengarkan pembacaan teks. | |
Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, serta perasaan menggunakan tata krama basa jawa ( unggah-ungguh ) secara tertulis maupun lisan | 2.1. Bermain peran. 2.2. Unggah-ungguh basa dalam percakapan. 2.3. Melakukan wawancara. 2.4. berbicara tentang cangkriman. 2.5. Unggah-ungguh basa jawa. 2.6. Memperagakan percakapan. | ||
Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat. | 3.1. Membaca pemahaman. 3.2. Membaca indah. 3.3. Membaca tulisan huruf jawa. 3.4. Membaca bersuara. 3.5. Membaca cepat. | ||
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa. | 4.1. Menulis kalimat. 4.2. Menulis karangan. 4.3. Menulis dengan huruf jawa. | ||
Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta dapat mengapresiasikan sesuai dengan tingkat kemampuannya. | 5.1. Mengapresiasi cerita/dongeng. 5.2. Mengapresiasi tembang macapat. 5.3. Mengapresiasi geguritan. 5.4. Mengapresiasi cerita lama. | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP 4 |
Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta dapat mengkomunikasikan secara tertulis atau lisan. | 1.1. Mendengarkan dan memahami isi bacaan. 1.2. Mendengarkan dan memahami percakapan. 1.3. Mendengarkan pembacaan teks. | |
Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, serta perasaan menggunakan tata krama basa jawa ( unggah-ungguh) secara tertulis maupun lisan | 2.1. Bercerita tentang pengalaman pribadi. 2.2. Menggunakan unggah-ungguh basa Dalam percakapan. 2.3. Berpidato/memberi sambutan untuk acara di sekolah. 2.4. Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa. 2.5. Menyampaikan pesan / informasi yang diperoleh dari nara sumber. | ||
Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat. | 3.1. Membaca indah. 3.2. Membaca bersuara. | ||
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa. | 4.1. Menulis surat pribadi. 4.2. Menulis karangan 4.3. Menulis kalimat. 4.4. Menulis tembung rangkep. 4.5. Menulis dengan huruf jawa. | ||
Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta dapat mengapresiasikan sesuai dengan tingkat kemampuannya. | 5.1. Mengapresiasi cerita/dongeng. 5.2. Mengapresiasi cerita wayang. 5.3. Mengapresiasi tembang macapat. | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
Mohon di posting promes Bahasa jawa kelas 1-6
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuskurtilasnya doang
BalasHapus