PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : I (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tahun Pelajaran: ..................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga | 1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat | |
1.2 Menceriterakan pengalaman diri | |||
1.3 Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga | |||
1.4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 2. Mendeskripsikan lingkungan rumah | 2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga | |
2.2 Mendeskripsikan letak rumah | |||
2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : II (Dua)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tahun Pelajaran: ....................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | 1.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya | |
1.2 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita | |||
1.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 2 Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga | 2.1 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga | |
2.2 Menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga | |||
2.3 Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : III (Tiga)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tahun Pelajaran: ....................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | 1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah | |
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah | |||
1.3 Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah | |||
1.4 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang | 2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan | |
2.2 Memahami pentingnya semangat kerja | |||
2.3 Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah | |||
2.4 Mengenal sejarah uang | |||
2.5 Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : IV (Empat)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tahun Pelajaran: ....................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi | Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana | |
Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya | |||
Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempa | |||
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi | |||
Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya | |||
1.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi | 2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya | |
2.2 Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat | |||
2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya | |||
2.4 Mengenal permasalahan sosial di daerahnya | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : V (Lima )
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tahun Pelajaran: ....................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia | 1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia | |
1.2 Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia | |||
1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya | |||
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia | |||
1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan | 2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang | |
2.2 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan | |||
2.3 Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan | |||
2.4 Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas : VI (Enam)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tahun Pelajaran: ....................
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Memahami perkembangan wilayah | 1.1 Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah | |
1.2 Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga | |||
1.3 Mengidentifikasi benua-benua | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 2. Memahami gejala alam yang terjadi di | 2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga | |
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam | |||
3. Memahami peranan bangsa | 3.1 Menjelaskan peranan | ||
3.2 Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar