PROFIL MI.NURUL HUDA

Kamis, 06 Januari 2011

prota SKI

PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah          : MI. NURUL HUDA Randugenengan         Kelas               :III (Tiga)
Mata Pelajaran            : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)                 Tapel               : ..................

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL
1. Mengenal sejarah masyarakat Arab pra- Islam
1.1  Menceritakan kondisi alam, sosial, dan  perekonomian masyarakat Arab pra-Islam

1.2  Menjelaskan keadaan adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam

1.3    Menjelaskan masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad SAW Mengambil ibrah dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

GENAP
2. Mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
2.1   Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW

2.2   Menceritakan sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW

2.3   Mengambil ibrah dari kenabian dan kerasulan Muhammad SAW


3. Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad SAW
3.1.  Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Muhammad SAW

3.2   Mengambil ibrah peristiwa kerasulan Muhammad SAW

Jumlah Jam Pelajaran Semester II










PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah          : MI. NURUL HUDA Randugenengan         Kelas               : IV (empat)
Mata Pelajaran            : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)                 Tapel               : ..................

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL
1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya


1.1    Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya

1.2    Menunjukkan contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya dalam berdakwah

1.3   Meneladani  ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam berdakwah

2. Mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW
2.1   Mengidentifikasi  ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW  sebagai rahmat bagi seluruh alam

2.2   Menunjukkan contoh perilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam

2.3   Meneladani  kepribadian Nabi Muhammad SAW  sebagai rahmat bagi seluruh alam

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

GENAP
3. Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif  dan Habsyah


3.1   Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif dan Habsyah

3.2   Menceritakan  peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah

3.3      Meneladani  kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Thaif dan Habsyah


4. Memahami peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
4.1   Mendeskripsikan  peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW

4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Jumlah Jam Pelajaran Semester II



PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah          : MI. NURUL HUDA Randugenengan         Kelas               : V (Lima)
Mata Pelajaran            : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)                 Tapel               : ..................

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL
1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib


1.1   Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib

1.2      Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke  Yatsrib

1.3    Mengambil hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib

2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW
2.1   Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan)

2.2 Meneladani  keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

GENAP
3. Mengenal peristiwa Fathu Makkah

3.1   Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah

3.2   Menceritakan kronologi peristiwa Fathu Makkah

3.3   Mengambil ibrah dari peristiwa Fathu Makkah

4. Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
4.1    Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW

4.2   Mengambil hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW

Jumlah Jam Pelajaran Semester II








PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah          : MI. NURUL HUDA Randugenengan         Kelas               :VI (Enam)
Mata Pelajaran            : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)                 Tapel               : ..................

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL
1. Mengenal sejarah khalifah
    Abu Bakar as-Shiddiq




1.1    Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin

1.2    Menceritakan silsilah, kepribadian Abu
         Bakar  as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah Islam

1.3    Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar as-Shiddiq

1.4    Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq

2. Mengenal sejarah khalifah
    Umar bin Khattab
2.1    Menceritakan silsilah, kepribadian Umar bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam

2.2    Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Umar bin Khattab.

2.3    Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Umar bin Khattab

3. Mengenal sejarah khalifah Utsman bin Affan


3.1    Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan dan  perjuangannya dalam dakwah Islam

3.2    Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Utsman bin Affan

3.3    Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Utsman bin Affan 

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

GENAP
4.    Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib
4.1   Menceritakan silsilah, kepribadian, dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib

4.2   Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib

4.3   Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib

 5.    Mengenal sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.

5.1  Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam di daerah masing-masing

5.2   Menceritakan sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing

5.3   Meneladani perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing

Jumlah Jam Pelajaran Semester II



Tidak ada komentar:

Posting Komentar