PROFIL MI.NURUL HUDA

Kamis, 06 Januari 2011

Prota SBK

PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah                 : MI. NURUL HUDA Randugenengan                           Kelas                      : I (Satu)
Mata Pelajaran    : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK)                           Tahun Pelajaran  : ...............

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL 1
Seni Rupa
Mengapresiasi karya seni rupa

Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada  benda  di alam sekitar

Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif

Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek

Seni Musik
Mengapresiasi karya seni musik
Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia


Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Menampilkan permainan pola irama sederhana

Mengekspresikan diri melalui vokal

Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

Melafalkan lagu anak-anak

Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal

Mengapresiasi karya seni tari
Mengidentifikasi  fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat

Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan

Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

GENAP 1
Mengapresiasi karya seni rupa
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar

Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada  benda di alam sekitar

Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel

Seni Musik
Mengapresiasi karya seni musik
Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam

Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan  alam

Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana

Memeragakan  dinamik sederhana

Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana

Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib

Mengapresiasi karya seni tari
Mengidentifikasi  fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat

Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi

Merangkaikan gerak tari sesuai  iringan bunyi

Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri

Jumlah Jam Pelajaran Semester II


PROGRAM TAHUNAN

Nama Madrasah           : MI. NURUL HUDA Randugenengan             Kelas               : II (Dua)
Mata Pelajaran                         : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK)             Tahun Pelajaran           : ...............


SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL 2
Seni Rupa
Mengapresiasi karya seni rupa
Mengenal unsur rupa pada  karya seni rupa

Menunjukkan sikap apresiatif  terhadap unsur rupa pada karya seni rupa

Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif

Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal

Seni Musik
Mengapresiasi karya seni musik
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat  musik

Membedakan antara nada dengan irama

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Memeragakan dinamik sederhana

Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi  sederhana

Menyanyikan lagu  wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana

Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton

Seni Tari
Mengapresiasi karya seni tari

Mengidentifikasi gerak alam semesta 

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak

Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari

Ketrampilan
Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan
Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam

Menyiapkan  bahan alam untuk pembuatan cat

Membuat cat pewarna dari bahan alam

Jumlah Jam Pelajaran Semester I








SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Genap 2
Mengapresiasi karya seni rupa
Mengidentifikasi unsur rupa pada  karya seni rupa

Menunjukkan sikap apresiatif   terhadap unsur rupa pada karya seni rupa tiga dimensi

Mengekspresikan diri melalui seni rupa.
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi

Menggunakan klise cetak timbul


Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul

Seni Musik
Mengenal unsur musik
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional

Membedakan antara nada dengan irama

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Memeragakan dinamik sederhana

Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi  sederhana

Menyanyikan lagu  wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana

Mengapresiasi karya seni tari

Mengidentifikasi gerak alam semesta

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta


Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak

Menanggapi gerak alam semesta  dalam bentuk gerakan tari

Menyajikan beberapa ragam gerak tari di depan penonton

Keterampilan
Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan
Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan buatan yang aman

Menyiapkan bahan buatan yang aman untuk pembuatan cat

Membuat cat pewarna dari bahan buatan yang aman


Jumlah Jam Pelajaran Semester II






PROGRAM TAHUNAN

Nama Madrasah           : MI. NURUL HUDA Randugenengan             Kelas               : III (Tiga)
Mata Pelajaran                         : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK)             Tahun Pelajaran           : ...............


SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL 3
Seni Rupa
Mengapresiasi karya seni rupa
Menjelaskan  simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri

Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat

Seni Musik
Mengapresiasi karya seni musik
Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana

Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik

Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Memainkan alat musik ritmis sederhana

Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau  tanpa iringan sederhana

Seni Tari
Mengapresiasi karya seni tari

Menjelaskan simbol dalam seni tari

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema  tanpa iringan

Menyajikan tarian pendek bertema  tanpa iringan

Ketrampilan
Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan
Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin

Merancang benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas

Membuat benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas

Jumlah Jam Pelajaran Semester I




SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Genap 3
Mengapresiasi karya seni rupa
Menjelaskan   simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi

Mengekspresikan diri melalui seni rupa.
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar

Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi

Seni Musik
Mengenal unsur musik
Menjelaskan simbol tempo dalam lagu

Menjelaskan makna ansambel

Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik

Menghubungkan simbol nada dengan tempo dalam lagu

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Memainkan musik dalam bentuk ansambel  dengan alat musik ritmis sederhana

Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana

Mengapresiasi karya seni tari

Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan  simbol dalam seni tari

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema  dengan iringan

Menyajikan tarian pendek bertema  dengan iringan

Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik

Keterampilan
Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan
Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin

Merancang benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas

Membuat benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas

Jumlah Jam Pelajaran Semester II





PROGRAM TAHUNAN

Nama Madrasah           : MI. NURUL HUDA Randugenengan             Kelas               : IV(Empat)
Mata Pelajaran                         : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK)             Tahun Pelajaran           : ...............

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL 4
Seni Rupa
Mengapresiasi karya seni rupa
Menjelaskan makna seni rupa terapan

Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap kesesuaian fungsi karya seni rupa terapan

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan

Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb

Memamerkan hasil gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb di depan kelas

Seni Musik
Mengapresiasi karya seni musik
Mengidentifikasi berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Menyiapkan permainan alat musik ritmis

Memainkan alat musik ritmis di depan penonton

Seni Tari
Mengapresiasi karya seni tari

Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat

Memeragakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton

Ketrampilan
Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan
Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara

Menampilkan perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara

Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi.
Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara

Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat

Merancang benda dengan teknik  konstruksi

Membuat benda dengan teknik  konstruksi

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Genap 4
Mengapresiasi karya seni rupa
Menjelaskan makna seni rupa murni

Mengidentifikasi jenis karya seni rupa murni yang ada di daerah setempat

Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya seni rupa murni

Mengekspresikan diri melalui seni rupa.
Membuat relief dari bahan plastis dengan pola motif hias

Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas

Menata karya seni rupa yang dibuat dalam bentuk pameran kelas

Seni Musik
Mengenal unsur musik
Menjelaskan makna dinamika dalam seni musik

Mengidentifikasi perbedaan dinamika

Mengidentifikasi alat musik melodis

Menampilkan sikap apresiatif terhadap dinamika dalam seni musik

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Memainkan alat musik  melodis sederhana

Menyiapkan penyajian lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana

Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana

Seni Tari
Mengapresiasi karya seni tari

Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain

Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol dan keunikan gerak, busana, serta perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Menyiapkan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan

Memeragakan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan di depan penonton

Keterampilan
Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan
Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat

Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat

Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara

Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan sendiri

Merancang pembuatan  benda dengan teknik  konstruksi

Membuat benda dengan teknik  konstruksi

Jumlah Jam Pelajaran Semester II




PROGRAM TAHUNAN

Nama Madrasah           : MI. NURUL HUDA Randugenengan             Kelas               : V(Lima)
Mata Pelajaran                         : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK)             Tahun Pelajaran           : ...............

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL 5
Seni Rupa
Mengapresiasi karya seni rupa
Menjelaskan makna motif hias

Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat 

Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat

Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias Nusantara

Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya

Membuat  motif hias dasar jumputan pada kain

Seni Musik
Mengapresiasi karya seni musik
Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara

Menjelaskan makna ansambel sejenis

Menampilkan sikap apresiatif  terhadap berbagai musik/lagu daerah Nusantara

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana  dalam bentuk ansambel sejenis

Mengadakan pementasan perpaduan musik, tari dan bahasa

Seni Tari
Mengapresiasi karya seni tari

Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain


Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah  lain  tanpa iringan

Memeragakan tari Nusantara daerah  lain  tanpa iringan

Ketrampilan
Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan
Mendeskripsi  kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan meronce

Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan meronce

Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi.
Merancang karya kerajinan meronce

Membuat karya kerajinan meronce

Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali

Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali

Jumlah Jam Pelajaran Semester I




SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Genap 5
Mengapresiasi karya seni rupa
Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat

Mengekspresikan diri melalui seni rupa.
Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan

Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya

Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas

Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas/sekolah

Seni Musik
Mengenal unsur musik
Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara

Menjelaskan makna ansambel gabungan

Menampilkan sikap apresiatif  terhadap berbagai musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana  dalam bentuk ansambel gabungan

Menyiapkan  pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana untuk dipentaskan di kelas atau di sekolah

Mementaskan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah

Seni Tari
Mengapresiasi karya seni tari
Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain

Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Menyiapkan penyajian tari Nusantara daerah  lain  dengan iringan

Menyajikan tari Nusantara daerah  lain  dengan iringan

Mengadakan pementasan perpaduan seni musik dan seni tari

Keterampilan
Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan
Mendeskripsikan  kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame

Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame

Membuat karya kerajinan dan benda permainan
Merancang karya kerajinan makrame

Membuat karya kerajinan makrame

Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali

Membuat benda permainan yang
digerakkan dengan tali

Jumlah Jam Pelajaran Semester II



PROGRAM TAHUNAN

Nama Madrasah           : MI. NURUL HUDA Randugenengan             Kelas               : VI(Enam)
Mata Pelajaran                         : Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK)             Tahun Pelajaran           : ...............

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL 6
Seni Rupa
Mengapresiasi karya seni rupa
Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain 

Menjelaskan cara membatik

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain

Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Membatik dengan teknik sederhana

Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah

Merancang boneka

Membuat boneka berdasarkan rancangan

Seni Musik
Mengapresiasi karya seni musik
Mengidentifikasi berbagai ragam musik daerah Nusantara

Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah Nusantara

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Memainkan alat musik ritmis dan melodis

Menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan iringan sederhana

Seni Tari
Mengapresiasi karya seni tari

Menjelaskan makna pola lantai pada tarian

Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat

Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok

Memeragakan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok

Ketrampilan
Mengapresiasi karya kerajinan
Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan anyaman

Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan anyaman

Membuat karya kerajinan
Membuat kerajinan anyaman

Merancang benda pakai dari bahan anyaman

Membuat benda pakai dari bahan anyaman


Jumlah Jam Pelajaran Semester I





SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Genap 6
Mengapresiasi karya seni rupa
Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain 

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain


Mengekspresikan diri melalui seni rupa.
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar

Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas

Menata karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas

Seni Musik
Mengenal unsur musik
Membandingkan berbagai lagu dan musik Nusantara

Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik Nusantara

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Memainkan alat musik ritmis dan melodis

Menyiapkan  pertunjukan  lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana

Mementaskan pertunjukan nyanyian  lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana

Seni Tari
Mengapresiasi karya seni tari
Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara

Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan


Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Memeragakan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok

Menyiapkan pertunjukan tari Nusantara di sekolah

Menggelar pertunjukan tari Nusantara di sekolah

Keterampilan
Menerapkan teknologi sederha na dalam keterampilan
Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda

Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda

Membuat karya kerajinan dan benda permainan
Merancang benda mainan beroda

Membuat benda mainan beroda

Jumlah Jam Pelajaran Semester II




Tidak ada komentar:

Posting Komentar