PROFIL MI.NURUL HUDA

Kamis, 06 Januari 2011

Prota Bahasa Jawa

PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah                 : MI. NURUL HUDA Randugenengan                           Kelas                      : I (Satu)
Mata Pelajaran    : Bahasa Jawa                                                                     Tahun Pelajaran  : ..........................................

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar/Materi Pokok/Indikator
Alokasi Waktu
GANJIL
1. MENDENGAR       
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengar kan berbagai bunyi / suara, bunyi   bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permin taan / perintah

1.1 Mendengarkan dan membeda kan bunyi Bahasa.
1.2 Mendengarkan dan membedakan  berbagai bunyi / suara serta bunyi bahasa.
1.3 Mendengarkan dan melakukan         sesuatu.

2.     BERBICARA                
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa  jawa dengan bahasa yang santun

2.1. Memperkenalkan diri.
2.2 Menjelaskan isi gambar

3.  MEMBACA                    
Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar dan membaca   indah beberapa kalimat sederhana.

3.1. Membaca nyaring.

4. MENULIS                         
Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang   didiktekan guru dan menulis rapi.

4.1. Menjiplak dan menebalkan.
4.2. Menyalin.
4.3 Menulis permulaan

5. APRESIASI SASTRA   
Mampu mengapresiasikan sastra jawa.
5.1. Mengapresiasi tembang dolanan

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

GENAP
1. MENDENGAR       
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengar kan berbagai bunyi / suara, bunyi   bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permin taan / perintah

1.1. Mendengarkan dan memahami pesan.
1.2 Mendengarkan percakapan sederhana.

2.  BERBICARA                 
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa  jawa dengan bahasa yang santun

2.1. Mengenal nama warna, nama dan fungsi anggota tubuh.
2.2 Mengenal nama benda-benda disekitar.
2.3 Melakukan percakapan sederhana.

3.  MEMBACA                    
Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar dan membaca   indah beberapa kalimat sederhana.


3.1. Membaca lancar (bersuara)
3.2 Membaca penggalan cerita.
3.3 Membaca indah.

4. MENULIS                        
Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang   didiktekan guru dan menulis rapi.


4.1 Menulis permulaan.
4.2 Menulis kata yang didiktekan guru.
4.3 Menulis rapi

5. APRESIASI SASTRA   
Mampu mengapresiasikan sastra jawa.
5.1 Mengapresiasikan tembang dolanan.
5.2 Mengapresiasikan dongeng

Jumlah Jam Pelajaran Semester II



PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah                 : MI. NURUL HUDA Randugenengan                           Kelas                      : II (Dua)
Mata Pelajaran    : Bahasa Jawa                                                                     Tahun Pelajaran  : ..........................................

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar/Materi Pokok/Indikator
Alokasi Waktu
GANJIL
  1. MENDENGAR                    
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pembacaan teks pendek,dan menyimak pesan pendek serta mendengarkan dongeng.


1.1. Mendengarkan dan memahami isi bacaan
1.2 Mendengarkan percakapan sederhana ten tang kegiatan sehari-hari.
1.3 Mendengarkan dan memahami isi bacaan

  1. BERBICARA                      
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan bahasa yang santun.


2.1. Menanyakan sesuatu kepada orang yang dikenal dengan menggunakan kalimat            dan pilihan kata.
2.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari.
2.3. Melakukan percakapan pendek.
2.4. Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun.

  1. MEMBACA                        
Mampu membaca dan memahami isi bacaan dengan cara membaca lancar.

3.1. Membaca teks pendek dengan            mem perhatikan pelafalan dan intonasi            yang tepat sehingga mudah dipahami            orang lain.
3.2 Membaca lancar dengan pemahaman  teks bacaan.
3.3. Membaca bersuara

  1. MENULIS                                            
Mampu menuliskan kalimat/karangan pendek dengan huruf tegak bersambung, menuliskan kalimat yang didiktekan dan menulis rapi.

4.1. Menulis karangan pendek.
4.2 Menulis kalimat sederhana.
4.3. Melengkapi cerita.
4.4. Menulis kalimat.

  1. APRESIASI SASTRA        
Mampu mengapresiasikan sastra jawa
5.1. Menyanyikan tembang dolanan.
5.2. Mengapresiasikan dongeng

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

GENAP
  1. MENDENGAR                    
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pembacaan teks pendek,dan menyimak pesan pendek serta mendengarkan dongeng.


1.1 Mendengarkan dan memahami isi bacaan
1.2 Mendengarkan pembacaan teks dan mema hami isinya.
1.3 Mendengarkan dan memahami isi bacaan.

  1. BERBICARA                      
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan bahasa yang santun.


2.1. Menceritakan pengalaman.
2.2. Menceritakan isi bacaan
2.3.Bercakap-cakap menggunakan bahasa            yang santun.
2.4. bercerita tentang keadaan disekitar rumah.

  1. MEMBACA                        
Mampu membaca dan memahami isi bacaan dengan cara membaca lancar.

3.1. Membaca bacaan dengan memperhatikan Pelafalan dan intonasi yang tepat.
3.2. Membaca lancar
3.3. Membaca bersuara

  1. MENULIS                                            
Mampu menuliskan kalimat/karangan pendek dengan huruf tegak bersambung, menuliskan kalimat yang didiktekan dan menulis rapi.

4.1. menulis karangan pendek.
4.2. menulis kalimat sederhana.
4.3. Menulis rapi.

  1. APRESIASI SASTRA        
Mampu mengapresiasikan sastra jawa

5.1. Mengapresiasi tembang dolanan.   
5.2. Menyanyikan tembang dolanan.
5.3. Mengapresiasi “geguritan”

Jumlah Jam Pelajaran Semester II


                                                                                         

PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah                 : MI. NURUL HUDA Randugenengan                           Kelas                      : III (Tiga)
Mata Pelajaran    : Bahasa Jawa                                                                     Tahun Pelajaran  : ..........................................

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar/Materi Pokok/Indikator
Alokasi Waktu
GANJIL
  1. MENDENGAR                       
Siswa mampu memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan tentang kegemaran.

1.1. Mendengarkan dan memahami cerita teman.   
1.2. Mendengarkan pembacaan teks drama
1.3. Mendengarkan dialog

  1. BERBICARA              
Siswa mampu memahami cerita, geguritan, dan drama, serta dapat memberikan kesan, mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara  lisan.

2.1. Menceritakan pengalaman.
2.2.Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun.   
2.3. Memberikan tanggapan.
2.4. Bercakap-cakap menguunakan bahasa yang santun.  
2.5. Melakukan percakapan / dialog.

  1. MEMBACA                
Siswa mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf jawa.

3.1. Membaca bersuara.
3.2. Membaca cepat.
3.3. Membaca indah.

  1. MENULIS                   
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa dan menulis huruf jawa dengan ejaan yang benar.

4.1. Menulis karangan sederhana.
4.2. Menulis huruf jawa legena ( ha s.d la )
4.3. Menulis kalimat
4.4. Menulis karangan.

  1. APRESIASI SASTRA 
Siswa mampu mengapresiasi sastra jawa berupa : Cerita rakyat, dongeng, cerita wayang, geguritan, dan tembang dolanan.

5.1. Mengapresiasi tembang dolanan
5.2. Mengapresiasi “geguritan”.

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

GENAP
  1. MENDENGAR                    
Siswa mampu memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan tentang kegemaran.
1.1. Mendengarkan pembacaan teks cerita.   
1.1. Mendengarkan cerita.   
1.1. Mendengarkan cerita wayang.

  1. BERBICARA                      
Siswa mampu memahami cerita, geguritan, dan drama, serta dapat memberikan kesan, mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara  lisan.

 2.1. menceritakan pengalaman pribadi.
 2.2. bercakap - cakap menggunakan bahasa yang santun.  
 2.3. Bermain peran yang berkaitan dengan          cerita.
2.1. bermain peran.

  1. MEMBACA                        
Siswa mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf jawa.

3.1. Membaca dan memprediksi kelanjutan teks bacaan.
3.1. Membaca pemahaman.   
3.2. Membaca tulisan jawa.   
3.1. Membaca cepat.

  1. MENULIS                            
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa dan menulis huruf jawa dengan ejaan yang benar.

4.1. Menulis surat.
4.2. Menulis huruf jawa.
4.3. Menulis kalimat.

  1. APRESIASI SASTRA        
Siswa mampu mengapresiasi sastra jawa berupa : Cerita rakyat, dongeng, cerita wayang, geguritan, dan tembang dolanan.
5.1. Mengapresiasi geguritan.   
5.2. Mengapresiasi tembang dolanan.
5.3. Mengapresiasi cerita.

Jumlah Jam Pelajaran Semester II


PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah           : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas               :IV (Empat)
Mata Pelajaran                         : BAHASA JAWA                               Tahun Pelajaran           : ……………………..

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL 4
1.       Mendengar
Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta mampu menceritakan kembali dengan   kata-kata sendiri

1.1. Mendengarkan cerita tentang  pengalaman  menarik.
1.2. Mendengarkan pembacaan teks
1.3. Mendengarkan pembacaan teks cerita
1.4. Mendengarkan cerita

2.     BERBICARA                              
Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat yang  benar sesuai dengan tata krama berbahasa secara tertulis maupun lisan. 

2.1.Bercerita tentang pengalaman yang           menarik.
2.2.Menerapkan unggah-ungguh basa Dalam percakapan.
2.3. unggah-ungguh basa.
2.4. Menanggapi suatu persoalan atau   Peristiwa.
2.5. Dialog / percakapan.
2.6. Unggah-ungguh basa

3.       MEMBACA                 
 Siswa mampu membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk secara tepat.

3.1.    Membaca Geguritan
3.2. Membaca cepat.
3.3. Membaca pemahaman
3.4. Membaca indah.

4.       MENULIS                                    
 Siswa mampu menulis menggunakan huruf latin dan jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.

4.1. Menulis kalimat.
4.2. Menulis dengan huruf jawa.
4.3. Membuat kalimat.
4.4. Menulis surat.
4.5. Mengarang.
 4.6. Menulis dengan huruf jawa.

5.       APRESIASI SASTRA
 Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta dapat mengapresiasikan sesuai dengan  tingkat kemampuan siswa.
5.1.    Mengapresiasi dongeng.
5.2.    Mengapresiasi geguritan.
5.3.    Mengapresiasikan tembang.
5.4.    Mengapresiasi cerita wayang.

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

GENAP 4
1.         MENDENGAR
Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta mampu menceritakan kembali dengan   kata-kata sendiri

1.1. Mendengarkan cerita tentang tokoh pendidikan.
1.2.  Mendengarkan pembacaan teks
1.3 Mendengarkan pembacaan teks bacaan.

2.     BERBICARA                              
Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat yang  benar sesuai dengan tata krama berbahasa secara tertulis maupun lisan. 

2.1. Pengalaman pribadi yang menarik.
2.2. Unggah-ungguh basa.
2.3. Melakukan dialog.
2.4. Mengajukan dan menjawab pertanyaan.
2.5. unggah-ungguh basa.

3.       MEMBACA                 
 Siswa mampu membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk secara tepat.

3.1. Membaca pemahaman.
3.2. Membaca cepat.
3.3. Membaca tulisan jawa.
3.4. Membaca bersuara.
3.2. Membaca huruf jawa

4.       MENULIS                                    
 Siswa mampu menulis menggunakan huruf latin dan jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.

4.1. Menulis kalimat.
4.2. Menulis dengan huruf jawa.
4.1. Menulis disposisi. ( cara membuat
       Sesuatu / langkah pembuatan ).

5.       APRESIASI SASTRA
 Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta dapat mengapresiasikan sesuai dengan  tingkat kemampuan siswa.

5.1. Mengapresiasi geguritan.
5.2.Mengapresiasikan tembang macapat.
5.3. Mengapresiasi tembang.

Jumlah Jam Pelajaran Semester II


PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah           : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas               :V (Lima)
Mata Pelajaran                         : BAHASA JAWA                               Tahun Pelajaran           : ……………………..

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL
  1. MENDENGAR                    
Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta dapat mengkomunikasikan secara tertulis atau lisan.
1.1. Mendengarkan pembacaan teks.   
1.2. Mendengarkan dan memahami isi bacaan.
1.3. Mendengarkan pembacaan teks dan mema hami isinya.

  1. BERBICARA                      
Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat sesuai tata krama berbahasa jawa ( unggah-ungguh ) secara tertulis maupun lisan.


2.1. Menanggapi persoalan faktual.
2.2. Unggah-ungguh basa dlm          percakapan.
2.3. Menerapkan unggah-ungguh basa dalam            percakapan.
2.4. menanggapi persoalan atau peristiwa faktual.
 2.5. Menerapkan basa ngoko dan krama (ung gah-ungguh basa ).

  1. MEMBACA                        
Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.

3.1. Membaca indah.
3.2. Membaca pemahaman.
3.3. Membaca cepat.
3.4. Membaca tulisan jawa.

  1. MENULIS            
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.

4.1. Menulis kalimat.
4.2. Menulis dengan huruf jawa.
4.3. Menulis kata dan kalimat.
4.4. Menulis dengan huruf jawa.

  1. APRESIASI SASTRA        
Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta mampu mengapresiasikan

5.1. Mengapresiasikan tembang macapat.
5.2. Mengapresiasikan cerita/dongeng.
5.3. Mengapresiasi geguritan.

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

GENAP
  1. MENDENGAR                    
Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta dapat mengkomunikasikan secara tertulis atau lisan.

1.1. Mendengarkan cerita wayang.
1.2. Mendengarkan dan memahami isi bacaan.
1.3. Mendengarkan pembacaan teks.

  1. BERBICARA                      
Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat sesuai tata krama berbahasa jawa ( unggah-ungguh ) secara tertulis maupun lisan.


2.1. Memperagakan teks dialog.   
2.2. Berbicara dengan berbagai ragam    Ba- hasa jawa.   
2.3. Berbicara dengan berbagai ragam Ba- hasa jawa.

  1. MEMBACA                        
Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.

3.1. Membaca indah.
3.2. Membaca tulisan huruf jawa.
3.3. Membaca bersuara.

  1. MENULIS            
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.

4.1. Menulis kalimat.
4.2. Menulis dengan huruf jawa.
4.3. Menulis kalimat.   
4.4. Menulis karangan

  1. APRESIASI SASTRA        
Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta mampu mengapresiasikan

5.1. Mengapresiasi geguritan.   
5.2. Mengapresiasi cerita rakyat.
5.3. Mengapresiasi cerita/dongeng.

Jumlah Jam Pelajaran Semester II





PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah           : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas               :VI (Enam)
Mata Pelajaran                         : BAHASA JAWA                               Tahun Pelajaran           : ……………………..

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL 4
  1. MENDENGAR                    
Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta dapat mengkomunikasikan secara tertulis atau lisan.

1.1. Mendengarkan pembacaan teks.
1.2. Mendengarkan cerita tokoh wayang.
1.3. Mendengarkan pembacaan teks.

  1. BERBICARA                      
Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, serta perasaan menggunakan tata krama basa jawa  ( unggah-ungguh ) secara tertulis maupun lisan

2.1. Bermain peran.
2.2. Unggah-ungguh basa dalam percakapan.
2.3. Melakukan wawancara.
2.4. berbicara tentang cangkriman.
2.5. Unggah-ungguh basa jawa.   
2.6. Memperagakan percakapan.

  1. MEMBACA                        
Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.


3.1. Membaca pemahaman.   
3.2. Membaca indah.
3.3. Membaca tulisan huruf jawa.
3.4. Membaca bersuara.
3.5. Membaca cepat.

  1. MENULIS                                            
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.


4.1. Menulis kalimat.
4.2. Menulis karangan.
4.3. Menulis dengan huruf jawa.

  1. APRESIASI SASTRA        
Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta dapat mengapresiasikan sesuai dengan tingkat kemampuannya.

5.1. Mengapresiasi cerita/dongeng.
5.2. Mengapresiasi tembang macapat.
5.3. Mengapresiasi geguritan.
5.4. Mengapresiasi cerita lama.

Jumlah Jam Pelajaran Semester I

GENAP 4
  1. MENDENGAR                    
Siswa mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan serta dapat mengkomunikasikan secara tertulis atau lisan.

1.1. Mendengarkan dan memahami isi bacaan.
1.2. Mendengarkan dan memahami percakapan.    
1.3. Mendengarkan pembacaan teks.

  1. BERBICARA                      
Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, serta perasaan menggunakan tata krama basa jawa  ( unggah-ungguh) secara tertulis maupun lisan

2.1. Bercerita tentang pengalaman pribadi.
2.2. Menggunakan unggah-ungguh basa Dalam percakapan.   
2.3. Berpidato/memberi sambutan untuk acara di sekolah.
2.4. Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa.
2.5. Menyampaikan pesan / informasi yang diperoleh dari nara sumber.

  1. MEMBACA                        
Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.

3.1. Membaca indah.
3.2. Membaca bersuara.

  1. MENULIS                                            
Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.


4.1. Menulis surat pribadi.   
4.2. Menulis karangan
4.3. Menulis kalimat.
4.4. Menulis tembung rangkep.
4.5. Menulis dengan huruf jawa.

  1. APRESIASI SASTRA        
Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra jawa serta dapat mengapresiasikan sesuai dengan tingkat kemampuannya.

5.1. Mengapresiasi cerita/dongeng.   
5.2. Mengapresiasi cerita wayang.
5.3. Mengapresiasi tembang macapat.

Jumlah Jam Pelajaran Semester II




3 komentar: