PROFIL MI.NURUL HUDA

Kamis, 06 Januari 2011

Prota Matematika

PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah          : MI. NURUL HUDA Randugenengan         Kelas               : I (satu)
Mata Pelajaran            : Matematika                                                   Tapel               : 2010 / 2011


SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL
Bilangan
1.   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

1.1   Membilang banyak benda
8
1.2   Mengurutkan banyak benda
8
1.3   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
8
1.4   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
8
Geometri dan Pengukuran
2.   Menggunakan pengukuran waktu dan panjang






2.1   Menentukan waktu (pagi, siang, malam),   hari, dan jam (secara bulat)
8
2.2   Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
8
2.3   Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
8
2.4   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang
8
3.   Mengenal beberapa bangun ruang
3.1   Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
8
3.2   Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya
8
Jumlah Jam Pelajaran Semester I
80
GENAP
Bilangan
4.   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah

4.1   Membilang banyak benda
8
4.2   Mengurutkan banyak benda
8
4.3   Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
8
4.4   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
8
4.5   Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan
8
4.6   Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
8
Geometri dan Pengukuran
5.   Menggunakan pengukuran berat



5.1    Membandingkan berat benda (ringan, berat)
8
5.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
8
6.   Mengenal bangun datar sederhana
6.1   Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran
8
6.2   Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
8
Jumlah Jam Pelajaran Semester II
80





PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah          : MI. NURUL HUDA Randugenengan         Kelas               : II (dua)
Mata Pelajaran            : Matematika                                                   Tapel               : 2010 / 2011


SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL
Bilangan
1.   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

1.1   Membandingkan bilangan sampai 500
8
1.2   Mengurutkan bilangan sampai 500
8
1.3   Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satua
8
1.4   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 50
8
Geometri dan Pengukuran
2.   Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah

2.1   Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
8
2.2   Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan baku (cm, m) yang sering digunakan
8
2.3   Menggunakan alat ukur berat
8
2.4   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
8
Jumlah Jam Pelajaran Semester I
80
GENAP
Bilangan
3.   Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka

3.1   Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya  bilangan dua angka
14
3.2   Melakukan pembagian bilangan dua angka
14
3.3   Melakukan operasi hitung campuran
13
Geometri dan Pengukuran
4.   Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana

4.1   Mengelompokkan bangun data
13
4.2   Mengenal sisi-sisi bangun datar
13
4.3   Mengenal sudut-sudut bangun datar
13
Jumlah Jam Pelajaran Semester II
80








PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah          : MI. NURUL HUDA Randugenengan         Kelas               : III (Tiga)
Mata Pelajaran            : Matematika                                                   Tapel               : 2010 / 2011

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL
Bilangan
1.   Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

1.1   Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
10
1.2   Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
10
1.3   Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
10
1.4   Melakukan operasi hitung campuran
10
1.5   Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
10
Geometri dan Pengukuran
2.   Menggunakan  pengu-kuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah

2.1   Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
10
2.2   Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah

10
2.3   Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
10
Jumlah Jam Pelajaran Semester I
80
GENAP
Bilangan
3.   Memahami pecahan sederhana dan penggu-naannya dalam pemecahan masalah

3.1   Mengenal  pecahan sederhana

10
3.2   Membandingkan pecahan sederhana

10
3.3   Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana
10
Geometri dan Pengukuran
4.   Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana



4.1   Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya

10
4.2   Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut

10
5.   Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya  dalam pemecahan masalah
5.1   Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
10
5.2   Menghitung luas persegi dan persegi panjang

10
5.3   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
10
Jumlah Jam Pelajaran Semester II
80

PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah          : MI. NURUL HUDA Randugenengan         Kelas               : IV (Empat)
Mata Pelajaran            : Matematika                                                   Tapel               : 2010 / 2011

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL
Bilangan
1.   Memahami dan menggu-nakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah



1.1   Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
5
1.2   Mengurutkan bilangan
5
1.3   Melakukan operasi perkalian dan pembagian
5
1.4   Melakukan operasi hitung campuran
5
1.5   Melakukan penaksiran dan pembulatan
5
1.6   Memecahkan masalah yang melibat kan uang
5
2.   Memahami dan menggu-nakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah

2.1   Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
5
2.2   Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
5
2.3   Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
5
2.4   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB
5
Geometri dan Pengukuran
3.   Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah



3.1   Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
5
3.2   Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
5
3.3   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
5
3.4   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas
5
4.   Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
4.1   Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
5
4.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
5
Jumlah Jam Pelajaran Semester I
80
GENAP
Bilangan
5.   Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat



5.1   Mengurutkan bilangan bulat
6
5.2   Menjumlahkan bilangan bulat
6
5.3   Mengurangkan bilangan bulat
6
5.3   Melakukan operasi hitung campuran
6
6.   Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
6.1   Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
6
6.2   Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
5
6.3   Menjumlahkan pecahan
5
6.4   Mengurangkan pecahan
5
6.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan
5
7.   Menggunakan lambang bilangan Romawi
7.1   Mengenal lambang bilangan Romawi
5
7.2   Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya
5
Geometri dan Pengukuran
8.   Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar

8.1   Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana
5
8.2   Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
5
8.3   Mengidentifikasi benda-benda danbangun datar simetris
5
8.4   Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar
5
Jumlah Jam Pelajaran Semester II
80

PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah          : MI. NURUL HUDA Randugenengan         Kelas               : V (Lima)
Mata Pelajaran            : Matematika                                                   Tapel               : 2010 / 2011


SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL
Bilangan
1.     Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah


1.1   Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran

6
1.2   Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB

6
1.3   Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat

6
1.4   Menghitung perpangkatan dan akar sederhana

6
1.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB

6
Geometri dan Pengukuran
2.     Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah

2.1   Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam

6
2.2   Melakukan operasi hitung satuan waktu

6
2.3   Melakukan pengukuran sudut

6
2.4   Mengenal satuan jarak dan kecepatan

6
2.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan

6
3.   Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

3.1   Menghitung luas trapesium dan layang-layang
5
3.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
5
4.   Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.1   Menghitung volume kubus dan balok

5
4.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
5
Jumlah Jam Pelajaran Semester I
80
GENAP
Bilangan
5.     Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah


5.1   Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya

10
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
10
5.3   Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
10
5.4   Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
10
Geometri dan Pengukuran
6.     Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun


6.1   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
8
6.2   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
8
6.3   Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
8
6.4   Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
8
6.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
8
Jumlah Jam Pelajaran Semester II
80


PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah          : MI. NURUL HUDA Randugenengan         Kelas               : VI (Enam)
Mata Pelajaran            : Matematika                                                   Tapel               : 2010 / 2011

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
GANJIL
Bilangan
1.     Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah


1.1   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK

8
1.2   Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik

8
1.3   Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

8
Geometri dan Pengukuran
2.     Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah

2.1   Mengenal satuan debit

7
2.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit

7
3.   Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga

3.1   Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana

7
3.2   Menghitung luas lingkaran
7
3.3    Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
7
Pengolahan Data
4.     Mengumpulkan dan mengolah data

4.1   Mengumpulkan dan membaca data


7
4.2   Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel

7
4.3   Menafsirkan sajian data
7
Jumlah Jam Pelajaran Semester I
80
GENAP
Bilangan
5.     Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah


5.1   Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
5
5.2   Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
5
5.3   Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
5
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

5
5.5   Memecahkan masalah perbandingan dan skala
4
Geometri dan Pengukuran
6.     Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah


6.1   Membuat denah letak benda
4
6.2   Mengenal koordinat posisi sebuah benda
4
6.3   Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius
4
Pengolahan Data
7.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data


7.1   Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
4
7.2   Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
4
7.3   Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
4
7.4   Menafsirkan hasil pengolahan data
4
Jumlah Jam Pelajaran Semester II
52


Tidak ada komentar:

Posting Komentar