PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas :I (Satu)
Mata Pelajaran : Qur’an Hadist Tapel : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih | Melafalkan, surat al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq, al-Ikhlaas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih | |
Menghafalkan, surat al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq, al-Ikhlaas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 2. Memahami huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya | 2.1 Mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya | |
2.2 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya | |||
3. Menghafal surat-surat pendek | 3.1 Melafalkan surat al-Nashr, al-Quraisy | ||
3.2 Menghafalkan al-Nashr, al-Quraisy | |||
4. Memahami hadis tentang kebersihan secara sederhana | 4.1 Menerjemahkan hadis tentang kebersihan secara sederhana | ||
4.2 Menghafalkan hadis tentang kebersihan | |||
4.3 Menunjukkan perilaku bersih di lingkungannya | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas :II (Dua)
Mata Pelajaran : Qur’an Hadist Tapel : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Menulis huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung | 1.1. Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dengan benar | |
1.2. Menulis huruf-huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar | |||
2. Memahami kaidah ilmu tajwid | 2.1.Menerapkan tanda baca wakaf dan wasal | ||
3.Menghafal surat pendek | 3.1.Melafalkan surat al-Kausar secara benar dan fasih | ||
3.2.Menghafalkan surat al-Kausar secara benar dan fasih | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 4. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih | 4.1 Melafalkan surat al-Kaafirun, al-Maa’un, al-Fiil, al-‘Ashr, dan surat al-Qadr secara benar dan fasih | |
4.2 Menghafalkan surat al-Kaafirun, al-Maa’un, al-Fiil, al-‘Ashr, dan surat al-Qadr secara benar dan fasih | |||
3 Memahami hadis tentang hormat kepada kedua orang tua | 5.1 Menerjemahkan hadis tentang hormat kepada orang tua secara sederhana | ||
5.2 Menunjukkan perilaku hormat kepada orang tua | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas :III (Tiga)
Mata Pelajaran : Qur’an Hadist Tapel : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih | 1.1 Membaca surat al-Humazah, at-Takaatsur, dan al-Zalzalah secara benar dan fasih | |
1.2 Menghafalkan surat al-Humazah, at-Takaatsur, dan al-Zalzalah secara benar dan fasih | |||
2. Memahami kaidah ilmu tajwid | 2.1 Memahami bacaan ghunnah, “Al-Qamariyah” dan “Al-Syamsiyah” | ||
4.1. Menerapkan bacaan ghunnah, “Al-Qamariyah” dan “Al-Syamsiyah” | |||
3. Membaca hadis tentang salat berjamaah | 3.1 Menghafalkan hadis tentang salat berjamaah | ||
3.2 Menerapkan perilaku salat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 4. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih | 4.1.Membaca surat al-Qaari’ah dan surat at-Tin secara benar dan fasih | |
4.2.Menghafalkan surat al-Qaari’ah dan surat at-Tin secara benar dan fasih | |||
5. Memahami arti surat-surat pendek | 5.1 Mengartikan surat al-Faatihah dan surat al-Ikhlaas | ||
5.2 Menerapkan kandungan surat al-Faatihah dan al- Ikhlas | |||
6. Memahami kaidah ilmu tajwid | 6.1 Mengenal bacaan Mad Thabi’i, Mad Waajib Muttasil, dan Mad Jaa’iz Munfasil | ||
6.2 Menerapkan bacaan Mad Thabi’i, Mad Waajib Muttasil dan Mad Jaa’iz Munfasil | |||
7. Memahami hadis tentang persaudaraan secara benar dan fasih | 7.1 Menghafalkan hadis tentang persaudaraan 7.2 Menerapkan perilaku persaudaraan dengan sesama | ||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas :IV (Empat)
Mata Pelajaran : Qur’an Hadist Tapel : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih | 1.1 Membaca surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah secara benar dan fasih | |
1.2. Menghafalkan surat al-‘Adiyat secara benar dan fasih | |||
2. Memahami arti surat-surat pendek | 2.1 Mengartikan surat an-Nashr dan surat al-Kautsar | ||
2.2. Memahami isi kandungan surat an-Nashr dan al-Kautsar secara sederhana | |||
3. Memahami kaidah ilmu tajwid | 3.1 Memahami hukum bacaan idhar dan ikhfa’ | ||
3.2 Menerapkan hukum bacaan idhar dan ikhfa’ | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 4. Memahami arti surat pendek dan hadis tentang niat dan silaturahmi | 4.1 Mengartikan surat al-Lahab | |
4.2 Menjelaskan isi kandungan surat al-Lahab secara sederhana | |||
4.3 Menerjemahkan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi | |||
4.4 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi secara sederhana | |||
5. Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid | 5.1 Memahami hukum bacaan idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab | ||
5.2 Menerapkan hukum bacaan idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas :V (Lima )
Mata Pelajaran : Qur’an Hadist Tapel : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Memahami arti surat pendek | 1.1 Menerjemahkan surat al-Kaafirun , surat al-Maa’un, dan surat at-Takaatsur | |
1.2 Menjelaskan isi kandungan surat al-Kaafirun,surat al-Maa’un,dan surat at-Takaatsur secara sedarhana | |||
2. Memahami arti hadis tentang menyayangi anak yatim | 2.1 Menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim | ||
2.2 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim secara sedarhana | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 3. Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih | 3.1 Membaca surat al-‘Alaq secara benar dan fasih | |
3.2 Menghafal surat al-‘Alaq secara benar dan fasih | |||
4. Memahami arti surat pendek | 4.1 Menerjemahkan surat al-Qadr | ||
4.2 Menjelaskan isi kandungan surat al-Qadr tentang malam Lailatul Qadr secara sederhana | |||
5. Memahami arti hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang munafik | 5.1 Menerjemahkan hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang munafik | ||
5.2 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang munafik secara sederhana | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah : MI. NURUL HUDA Randugenengan Kelas :VI (Enam)
Mata Pelajaran : Qur’an Hadist Tapel : ...............
SMT | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 1. Menghafal surat pendek secara benar dan fasih | 1.1 Membaca surat ad-Dhuhaa secara benar dan fasih | |
1.2 Menghafal surat ad-Dhuhaa secara benar dan fasih | |||
2. Memahami arti surat pendek pilihan | 2.1 Menerjemahkan surat ad-Dhuhaa | ||
2.2 Menjelaskan isi kandungan surat ad-Dhuhaa tentang meyakini kehidupan akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia dengan sederhana | |||
3. Memahami hadis tentang keutamaan memberi | 3.1 Menerjemahkan hadis tentang keutamaan memberi | ||
3.2 Menjelaskan hadis tentang keutamaan memberi secara sederhana | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester I | |||
GENAP | 4. Menghafalkan surat pendek secara benar dan fasih | 4.1 Membaca surat al-Bayyinah dengan baik dan fasih | |
4.2 Menghafal surat al-Bayyinah dengan baik dan fasih | |||
5. Memahami arti arti hadis tentang amal salih | 5.1 Menerjemahkan hadis tentang amal salih | ||
5.2 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang amal salih secara sederhana | |||
5.3 Menerapkan isi kandungan hadis tentang amal salih kaitannya dengan berakhlak dengan sesama | |||
Jumlah Jam Pelajaran Semester II |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar