PROFIL MI.NURUL HUDA

Kamis, 06 Januari 2011

Prota Bahasa Indonesia

PROGRAM TAHUNAN
Nama Madrasah                 : MI. NURUL HUDA Randugenengan                                           Kelas                      : VI
Mata Pelajaran    : B. Indonesia                                                                                       Tahun Pelajaran  : 2010 / 2011


SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Semester Ganjil
Mendengarkan
1.    Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan

1.1    Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan  
1.2    Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan

Berbicara
2.    Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan  

2.1    Menyampaikan  pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media  dengan bahasa yang runtut, baik dan benar
  2.2  Menanggapi (mengkritik/memuji)  sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun

Membaca
3.    Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas 

3.1    Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan  
3.2    Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll.)    

Menulis
4.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase

4.1   Mengisi formulir   pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos,  daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar
4.2    Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
4.3    Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4    Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi

Jumlah Jam Pelajaran


Mendengarkan
5.    Memahami wacana lisan tentang berita  dan drama pendek 

5.1    Menyimpulkan  isi berita yang didengar dari televisi atau radio 
5.2    Menceritakan isi  drama pendek yang disampaikan secara lisan


Berbicara
6.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi 

6.1    Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan  lafal, intonasi, dan sikap  yang tepat
6.2    Melaporkan isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
6.3    Membacakan puisi  karya sendiri  dengan ekspresi yang tepat  


Membaca
7.    Memahami teks dengan   membaca intensif dan membaca teks drama

7.1    Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif 
7.2    Mengidentifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak 


Menulis
8.    Mengungkapkan pikiran dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  naskah pidato dan surat resmi

8.1    Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
8.2    Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju

Jumlah Jam Pelajaran



Tidak ada komentar:

Posting Komentar